Rekrutmen KP 2012 oleh ITB CC, Efisiensi Waktu 99%

Krakatau Posco (KP) adalah perusahaan Joint Venture antara PT Krakatau Steel (Persero), Tbk dengan Posco (Korea) dalam industri baja berkapasitas 3 juta ton per tahun yang rencananya mulai beroperasi di tahun 2014. Untuk rekrutmen Management Trainee Program, KP menggandeng ITB Career Center (ITB CC). Tahap 1 dilaksanakan di 3 kota yaitu Yogyakarta, Bandung dan Cilegon. Tahap 2 di Jakarta, Surabaya dan Malang.

Di setiap kota, ratusan peserta rekrutmen mengikuti psikotes selama berjam-jam dengan sangat serius. Selain mereka, pihak ITB CC sebagai penyelenggara juga tidak kalah tegang. Mengapa demikian? Itu karena hasil dari psikotes tersebut harus segera diperoleh untuk dapat diumumkan melalui Internet pada malam harinya. Pengumuman tersebut juga berfungsi sebagai undangan untuk mengikuti tahap tes wawancara pada pagi hari berikutnya.

ITB CC sebagai lembaga profesional yang sudah sering menangani proses rekrutmen tentu sudah menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. Salah satu persiapannya adalah sistem Digital Mark Reader (DMR), scanner ujian lengkap dengan Software LJK yang merupakan hasil riset di ITB.

Software LJK DMR digunakan sejak perancangan Lembar Jawab Komputer (LJK) untuk diperbanyak di percetakan. Untuk kebutuhan kecil atau darurat, LJK DMR dapat dicetak di printer atau digandakan dengan mesin fotokopi. Apabila ternyata LJK telah dicetak oleh pihak lain, rancangan tetap perlu dibuat untuk menyesuaikan pola letak dan ukuran setiap item pada LJK.

Scanner yang dipilih sebagai pasangan DMR Profesional adalah Fujitsu fi-6130 yang dalam mode hitam putih setara dengan Fujitsu fi-6130Z berkecepatan 40 lembar per menit. Setelah proses scanning dan verifikasi di DMR, ITB CC telah menyiapkan program khusus untuk skoring psikotes yang dapat dipanggil dari DMR hanya dengan menekan tombol custom export. Hasil skoring dari beberapa tes psikologi kemudian tampil sebagai file Microsoft Excel hingga diperoleh IQ dan parameter lain yang menentukan kualitas dari setiap peserta.


Dari data di lapangan diperoleh bahwa proses pemeriksaan psikotes rekrutmen KP oleh ITB CC menggunakan scanner dan software LJK DMR dapat membaca dan menilai 300 lembar LJK dalam 8 menit dengan 1 orang operator dan 1 unit scanner.

Terdapat efisiensi waktu 99,11% karena bila dilakukan dengan cara manual oleh 1 orang tanpa istirahat dengan asumsi setiap lembar butuh 3 menit, pemeriksaan 300 lembar tersebut membutuhkan waktu setidaknya 15 jam.

Seandainya menggunakan DMR Eksklusif dan Canon DR-M160 atau Fujitsu fi-6140Z dengan kecepatan 60 lembar per menit, maka efisiensi diperkirakan dapat dinaikkan menjadi 99,41%. Peningkatan efisiensi masih dapat dinaikkan hingga 99,64% dengan menggunakan DMR Presiden dipasangkan dengan scanner Fujitsu fi-6800 atau Canon DR-X10C berkecepatan 100 lembar per menit.

2 Comments

  1. Wah, beneran bisa 99% ya efisiensinya?

Leave a Reply