Scanner DMR Untuk Proses Penilaian Siswa

Guna menunjang proses pendidikan di SMAN 1 Ampek Angkek Kab. Agam Sumatera Barat, mulai tahun 2012 pemeriksaan ujian dilakukan dengan Scanner Digital Mark Reader (DMR).

“Pemeriksaan ujian menggunakan Scanner DMR ini sangat membantu proses penilaian yang dilakukan oleh guru sehingga lebih tepat, DMR digunakan untuk membangkitkan dan memproses Lembar Jawab Komputer (LJK)”, demikian disampaikan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Ampek Angkek Dra. Silfa Dusun, M. Pd pada Reporter Agam Media Center, Senin(12/03).

Untuk itu, guru tidak perlu berlama-lama lagi melakukan pemeriksaan secara manual. Selain dari itu pemeriksaan dengan menggunakan teknologi scan akan mengurangi beban kerja guru, juga tingkat keakuratan dan kevalidan pemeriksaan juga dapat terjamin. Menurut Silfi, dengan mulai menggunakan Scanner DMR dalam pemeriksaan hasil ulangan peserta didik, menunjukkan kinerja Lab. Pusat Sumber belajar dan pembelajaran di SMAN 1 Ampek Angkek semakin memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan bidang teknologi IT.

Untuk selanjutnya SMAN 1 Ampek Angkek telah memiliki Lab. Multi Media dan Lab. Pusat Sumber Belajar sehingga akan semakin intens mengembangkan pembelajaran dan penilaian berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi TIK.

Sedangkan, menurut Mursal, Kepala Lab. Multimedia, kalau pada tahun pelajaran 2011/2012 SMA N 1 Ampek Angkek berhasil mengembangkan sistem administrasi sekolah dan pembelajaran ke dalam bentuk IT, yaitu dengan membangun server dan jaringan internet dan intranet, maka pada tahun pelajaran 2012/2013 mendatang ditargetkan SMA N 1 Ampek Angkek akan mampu menerapkan program Learning Management System (LMS).

Sumber: http://agamkab.go.id

Leave a Reply